Selasa, 04 Desember 2012

Tradisi

Biasanya... bubur atau jenang ini dibuat untuk syukuran... macem2 syukuran... tapi kali ini cuma satu aja yang dibahas...
Dikarenakan saya juga g pinter pinter amat...
Yang jelas perlambangan bubur merah putih ini adalah orang tua... merah untuk ibu putih untuh ayah...
Nah... biasanya juga,,, dianekaragamkan sampe 7 macam dengan bubur ini...
Tapi bubur ditempat saya lebih populer dengan merah lalu ada putih dikit....
Hehehe....
Saya membuatnya saat weton atau hari lahir keluarga,,, suami, dan terkadang saya... dll
Resepnya gampang koq...
Resep dr Ibu saya
1kg Beras Ketan direndam semalaman
3 ltr Santan encer
400 gr Gula pasir
2 sdt garam
Masak dengan api sedang sambil diaduk terus hingga menjadi bubur...
Ambil sedikit bubur yang masih putih sekitar satu mangkuk....
Tuang kinca dalam bubur dan aduk rata hingga berwarna coklat
Kinca terbuat dari 400 gr gulmer dan 400ml air dimasak dengan pandan hingga mendidih...
Jadi deh...
Siap dihidangkan....
Mengolah bubur ini butuh waktu sekitar 90 menit...

0 komentar :